Blog seputar pengetahuan dan hiburan

Wednesday, December 30, 2015

Cara Registrasi Kartu SIM Terbaru 2016

Sahabat poktiw, saat ini pemerintah sudah meresmikan aturan baru soal registrasi kartu SIM. Mengingat pada sebelumnya, kartu SIM bebas digunakan oleh siapapun tanpa aturan yang ketat. Akibatnya kartu SIM banyak digunakan untuk tujuan komersial seperti iklan SPAM, sampai tindakan kriminal berupa penipuan dan sebagainya.

Cara Registrasi Kartu SIM Terbaru 2016
Sumber: tekno.kompas.com

Untuk mengurangi angka keriminal tersebut, maka pemerintah melalui Kemenkominfo memberlakukan aturan baru tentang tatacara registrasi kartu SIM.

Cara Registrasi Kartu SIM Terbaru

Berikut adalah tata cara melakukan registrasi SIM card prabayar menurut aturan baru:

  • Saat hendak membeli kartu SIM perdana, pelanggan wajib membawa identitas resmi yang masih berlaku, bisa berupa KTP/Paspor/SIM/Kartu Pelajar, dan sebagainya.
  • Registrasi kartu perdana kemudian dilakukan oleh penjual kartu SIM yang telah mendapatkan identitas resmi dari operator sebagai penjual.
  • Pelanggan wajib menunjukkan tanda pengenal asli, kemudian penjual akan mendata nomor identitas, nama lengkap, tempat tanggal lahir, serta alamat sesuai identitas.
  • Kartu SIM perdana prabayar akan diaktifkan penjual dan nomor bisa mulai dipakai.

Kewajiban registrasi kartu perdana ini sesuai dengan Peraturan Menteri Nomor 23/Kemenkominfo/10/2005.

Manfaat Aturan Baru Registrasi Kartu SIM

Adapun mengenai privasi data identitas, pelanggan tidak perlu khawatir. Karena data identitas pelanggan disimpan oleh operator seluler yang bersangkutan. Juga penjual kartu SIM pun sudah terverifikasi oleh operator tersebut. Maka dengan adanya aturan baru ini diharapkan akan mengurangi angka kriminal lewat sms maupun telepon. Semoga bermanfaat bagi sahabat poktiw, terima kasih kepada tekno.kompas.com sebagai sumber referensi.
Share:

5 comments:

  1. Your article is extremely useful.Everyday your diary inspire ME nice deal} and helped to develop one thing new like I actually have developed a replacement app essential xbox 360 games
    : this is often great and pleasurable.Thanks for the awing posts , please keep updated often.

    ReplyDelete
  2. 2017 ford fusion hybrid titanium | TitaniumArts
    2017 2017 Ford Fusion is a full fusion engine made of a titanium titanium curling iron plate with a silicon 2020 ford ecosport titanium plate, the titanium mens wedding band base plate and the titanium earrings sensitive ears two core titanium ion color layers. A silicon plate

    ReplyDelete

Komentar Terakhir

Powered by Blogger.

Blogger templates